Pekan Penghayatan Dharma ke-33

Pekan Penghayatan Dharma XXXIII dilaksanakan pada tanggal 6 – 10 Januari 2020, yang berlokasi di Pondok Sadhana Amitayus, Bogor. PPD kali ini dibimbing oleh Bhante Nyanagupta dan Bhante Nyanayasha.

Pada hari pertama, dilakukan briefing aturan dan orientasi. Para peserta juga diajari cara memakai sarung yang harus digunakan selama kegiatan PPD ini.

Kegiatan yang dilakukan para peserta kurang lebih sama setiap harinya. Rutinitas yang dilakukan dimulai dengan meditasi duduk, meditasi jalan,, meditasi kerja, puja bakti, Dharma Talk, relaksasi total, Dharma Sharing, gerak badan, sena, game, sesi malam, dan Menyentuh Bumi.

Setiap malam ada Noble Silent & Lights Out, dimana para peserta diminta untuk diam dan merenungkan apa saja yang telah dilakukan seharian.

Pada PPD kali ini dilaksanakan juga Visudhi, dimana Upacara visudhi adalah upacara pemberian nama Buddhis kepada yang berguna untuk meningkatkan keyakinan terhadap Buddha, Dharma, dan Sangha.

Pada hari terakhir, kegiatan meditasi masih dilakukan. Para peserta dan panitia diberikan waktu untuk menulis kesan dan pesan terhadap satu sama lain dengan cara mengedarkan kertas. Peserta juga melakukan piknik atau makan siang bersama dan operasi semut.

Tentunya tidak lupa untuk foto bersama sebelum pulang.