Pada kepengurusan KMB Dharmavira Universitas Padjadjaran (KMBD UNPAD) 2021/2022, kami mengadakan kegiatan hari Kathina perdana loh! Yang pastinya acara hari suci Kathina ini sangat bermanfaat dan membuka kesempatan besar bagi banyak orang untuk melakukan kebajikan kepada para umat Sangha.

Hari suci Kathina bagi para umat Buddhis adalah hari dimana para umat Buddhis berkumpul untuk mengungkapkan rasa syukur dengan cara memberikan persembahan kepada para anggota sangha yang telah menyelesaikan masa Vassa

Masa Vassa adalah masa musim hujan di daerah kelahiran Sang Buddha dengan durasi selama 3 bulan. Pada masa ini, para anggota Sangha akan berdiam di dalam vihara dan tekun mendalami dhamma.  Masa Vassa dimulai setelah hari suci Asadha (Bulan purnama pada bulan ke-8 kalender lunar, 24 Juli 2021) dan diakhiri dengan  hari Pavarana (hari terakhir masa Vassa, 21 Oktober 2021). Setelah hari Pavarana, maka masuklah ke bulan Kathina (bulan purnama pada bulan ke-11 kalender lunar, 22 Oktober 2021 – 19 November 2021). Pada masa bulan Kathina inilah yang nantinya perayaan hari suci Kathina akan dilaksanakan.

Pada acara hari suci Kathina KMBD 2021, kami menggalang dana kepada seluruh orang yang ingin melakukan dana kepada para anggota sangha. Para umat Buddhis bisa memilih bentuk dana yang ingin diberikan kepada umat para umat Sangha. Dana yang diberikan kepada anggota sangha dapat berupa dalam bentuk uang atau Paket dana yang berisi kebutuhan sehari-hari para umat Sangha setelah mendapatkan nasihat dari umat Sangha. Di sini tersedia 3 paket dana yang bisa disumbangkan oleh para umat Buddhis kepada anggota Sangha, yaitu:

  1. Paket Uppala (peralatan mandi)
  2. Paket Paduma (peralatan mandi + kebersihan kuti)
  3. Paket Pundarika (obat-obatan + COVID-19 pandemic kit)

Acara hari suci Kathina KMBD 2021 dilaksanakan pada tanggal 31 Oktober 2021 melalui online platform ZOOM Meeting. Pada acara ini, kami mengundang 2 anggota Sangha sebagai tamu untuk mengisi kegiatan pada acara Kathina KMBD 2021, yakni: Y. M. Biksu Nyanabhadra Sthavira dan Y. M. Biksu Nyanabandhu Shakya.

Acara Hari Suci Kathina KMBD 2021 dimulai dengan sambutan oleh kedua MC kami yaitu Wilbert (FK 2019) dan Irene (FEB 2020) yang juga akan menjelaskan rundown acara Kathina KMBD 2021.

Pembukaan acara yang dibawa oleh MC akan dilanjutkan dengan pembacaan paritta yang dipimpin oleh Jericho Prajna Surya (FISIP 2019) yang diikuti dengan tuntunan Pancasila-aradhana oleh Y. M. Biksu Nyanabandhu Shakya. Pembukaan acara yang dibawa oleh MC akan dilanjutkan dengan pembacaan paritta yang dipimpin oleh Jericho Prajna Surya (FISIP 2019) yang diikuti dengan tuntunan Pancasila-aradhana oleh Y. M. Biksu Nyanabandhu Shakya.

Pembukaan acara yang dibawa oleh MC akan dilanjutkan dengan pembacaan paritta yang dipimpin oleh Jericho Prajna Surya (FISIP 2019) yang diikuti dengan tuntunan Pancasila-aradhana oleh Y. M. Biksu Nyanabandhu Shakya. Pembukaan acara yang dibawa oleh MC akan dilanjutkan dengan pembacaan paritta yang dipimpin oleh Jericho Prajna Surya (FISIP 2019) yang diikuti dengan tuntunan Pancasila-aradhana oleh Y. M. Biksu Nyanabandhu Shakya. Pembukaan acara yang dibawa oleh MC akan dilanjutkan dengan pembacaan paritta yang dipimpin oleh Jericho Prajna Surya (FISIP 2019) yang diikuti dengan tuntunan Pancasila-aradhana oleh Y. M. Biksu Nyanabandhu Shakya.


Setelah Acara Kathina KMBD 2021 selesai, para panitia mulai mempersiapkan seluruh paket yang telah dipesan oleh para umat Buddhis untuk dikirimkan ke vihara yang ditempati oleh kedua anggota sangha. Paket tiba 1 minggu setelah acara Kathina KMBD 2021 diselenggarakan. Demikian acara Kathina KMBD 2021 perdana kami, semoga seluruh kebajikan yang telah dilimpahkan dapat bermanfaat bagi seluruh makhluk hidup yang ada di dunia ini. Terakhir, jangan lupa juga untuk hadirin acara Kathina KMBD tahun depanya! Sampai ketemu di artikel berikutnya! 😀

IMG_0614 (1)
IMG_0619
IMG_0616
IMG_0622
Screenshot (186)
Screenshot (187)
123952
previous arrow
next arrow

Dokumentasi Kegiatan