Memahami Konsep Dukkha Sebagai Langkah Pembebasan dari Penderitaan by Diah Ayu Cikita

Hasil gambar untuk dukkha in buddhism

 

Nama               : Diah Ayu Cikita

NPM               : 130210180021

Program Studi : Kedokteran Hewan

 

 

 

Memahami Konsep Dukkha Sebagai Langkah Pembebasan dari Penderitaan

Asal mula penderitaan dalam agama Buddha adalah dukkha, yang dapat diartikan sebagai sesuatu yang menimbulkan keluh kesah. Penderitaan yang dimaksud dalam dukkha adalah penderitaan dari ketidakpuasan seseorang terhadap suatu hal dan tidak bisa menerima perubahan. Tidak hanya menejelaskan tentang adanya dukkha, dalam ajaran Buddha juga dijelaskan penyebab dukkha, lenyapnya dukkha, dan jalan menuju lenyapnya dukkha yang biasa disebut Empat Kebenaran Mulia (cattari ariya sacca). Sehingga pada akhirnya manusia dapat terbebas dari dukkha.

Pada dasarnya kehidupan di dunia ini atau kehidupan yang dijalani oleh manusia merupakan bentuk dari dukkha. Hal ini dikarenakan manusia secara otomatis akan masuk dalam siklus roda kehidupan yaitu menjalani samsara dan hukum karma akibat dari adanya keinginan (tanha) atau rasa tidak pernah puas akan sesuatu hal. Oleh Karena itu, sebagai manusia, kita harus bijaksana dalam menghadapi hal ini, yaitu dengan cara tidak bergantung pada sesuatu yang dapat berubah atau sementara.

Karena kehidupan ini adalah bentuk dari dukkha, dukkha akan selalu ada dimanapun, kapanpun dan berlaku bagi siapa saja tanpa membeda – bedakan. Dengan selalu sadar bahwa realitas dunia ini selalu berubah, kita seharusnya tidak melekat pada sesuatu yang tidak kekal agar tidak menyebabkan penderitaan atau dukkha. Oleh karena itu, pemahaman akan konsep tentang dukkha yaitu empat kebenaran mulia (cattari ariya sacca) akan membebaskan manusia dari penderitaan dan membuat manusia menjadi lebih ikhlas dalam menjalani kehidupan.