Buddhisme di Timur Tengah by Brayn Destofid

Gambar terkait

 

Brayn Destofid

180610180057

Buddhisme di Timur Tengah

Diperkirakan sekira 900 ribu orang di Timur Tengah beragama Buddha. Walaupun kebanyakan umat beragama Buddha di Timur Tengah merupakan pendatang dari Asia terutama Tiongkok, Vietnam, Sri Lanka, Thailand, Nepal, Jepang, Hong Kong, Singapura, dan Korea Selatan. Tidak banyak catatan sejarah mengenai agama Buddha di Timur Tengah. Namun banyak ditemukan rupang Buddha di Timur tengah akan tetapi, rupang Buddha yang ada banyak yang dihancurkan oleh para Taliban sehingga sulit dilakukan penelitian secara arkeologis.

 

Hal ini menunjukkan bahwa pada jaman dahulu, agama Buddha cukup besar di sana. Namun agama Buddha tidak berhasil bertahan lama karena sudah banyak agama yang lebih dulu ada di Timur Tengah. Munculnya agama baru juga membuat agama Buddha menjadi ditinggalkan dan terlupakan di Timur Tengah. Hal ini terjadi karena agama Buddha merupakan agama yang cinta damai dan tidak memaksa sehingga, agama Buddha pun menjadi tergantikan oleh agama lain.

 

Walaupun demikian, masih terdapat bukti-bukti sisa agama Buddha di Timur Tengah seperti rupang Buddha dari Bamiyan. Rupang Buddha ini dibuat pada abad 6 Masehi di sisi tebing lembah Bamyan di Afganistan. Sayang sekali pada tahun 2001 rupang Buddha tersebut di bom dengan dinamit oleh Taliban dan membuat kerusakan parah pada rupang Buddha tersebut. Saat ini rupang Buddha tersebut sudah di restorasi oleh UNESCO.