Artikel Agama Buddha by Alvin Aldrianto Widjaja

 

Nama                                       : Alvin Aldrianto Widjaja

NPM                                       : 140910180032

Fakultas / Departemen            : FMIPA / Teknik Elektro

 

Artikel Agama Buddha

 

Buddhis atau yang sering disebut dengan agama Buddha merupakan ajaran agama yang diajarkan oleh Sang Buddha yang dikenal dengan Sidharta Gautama. Hal istimewa dari Sang Buddha yang sudah terkenal adalah ia dapat berjalan 7 langkah setelah lahir. Selain itu, Sidharta Gautama juga rela untuk meninggalkan kehidupannya yang mewah sebagai anggota kerajaan menjadi penyebar ajaran suci ke seluruh dunia. Hal ini juga didorong karena Sang Buddha bertemu dengan orang tua, orang sakit, orang mati, dan petapa yang kemudian semakin meneguhkan niat Sang Buddha untuk menyebarkan ajaran suci ke seluruh dunia.

Hal yang istimewa dari agama Buddha ini ialah kita tidak mempunyai sebuah sosok yang kita sembah seperti agama – agama lain, melainkan kita hanya dapat menunjukkan sifat – sifat dari Sang Buddha sendiri. Selain itu, dalam agama Buddha juga terdapat Pancasila Buddhis yang dijadikan pedoman dalam berperilaku sehari – hari. Jika kita mampu melaksanakan Pancasila Buddhis tersebut, maka kita akan mengumpulkan karma – karma baik.

Agama Buddha  mengakui adanya proses reinkarnasi. Reinkarnasi ini sangat tergantung dengan karma baik dan karma buruk yang kita kumpulkan. Jika karma buruk yang dikumpulkan banyak, maka kita bisa saja turun ke alam yang lebih rendah. Oleh karena itu, kita harus banyak mengumpulkan karma – karma baik agar kita dapat mencapai Nibbana yang merupakan tujuan akhir dari semua umat Buddhis. Nibbana merupakan sebuah kondisi bukan sebuah tempat, di mana hanya bisa dicapai melalui pembebasan dukkha dan terhentinya karma dan 12 nidana. Pembebasan dukkha sendiri dapat dilakukan melalui jalan arya berfaktor delapan atau yang dikenal dengan 8 Jalan Mulia (Maggha) yang terdapat pada kesunyataan mulia keempat.