Open House

KMBD adalah singkatan dari Keluarga Mahasiswa Buddhis Dharmavira. KMBD bertujuan untuk merangkul teman-teman yang beragama Buddha, yang merantau dari berbagai daerah untuk berkuliah di Universitas Padjadjaran. Pada tahun 2023, KMBD kembali membawakan kegiatan Open House. Open House diadakan setiap tahun dengan tujuan untuk menyambut kehadiran dari mahasiswa baru Buddhis Universitas Padjadjaran.

Pada tahun ini, tema yang diangkat untuk Open House adalah Happy Time With Kalyanamitta. Dalam Open House kali ini, kami berharap teman-teman angkatan 2023 dapat mengenal lebih jauh mengenai KMBD dan bermain games bersama mahasiswa sesama angkatannya dan juga angkatan diatasnya. Acara ini dilaksanakan pada Minggu, 10 September 2023 di Aula Gedung 2 Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran.

Pekan Penghayatan Dharma

PPD atau Pekan Penghayatan Dharma merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya dari tahun 1987. Pada tahun ini, PPD mengangkat tema “Dalam Dharma Kita Berbahagia” dengan harapan para peserta yang mengikuti acara PPD ini dapat mengetahui apa itu Dharma, dan bagaimana bisa mempraktekkan Dharma untuk mendapatkan kehidupan yang bahagia. Kegiatan PPD 2023 dibimbing oleh Bhante Nyanabhadra, Sister Rising Moon, dan beberapa volunteer.

PPD dilaksanakan pada 3–5 November 2023 di Pondok Sadhana Suddhi Bhavana. Kegiatan yang dilakukan selama PPD terdiri dari meditasi duduk, meditasi jalan, meditasi makan, meditasi kerja, meditasi teh, menyanyikan lagu mindfulness, Dharma Talk, dan relaksasi total.

Malam Keakraban

Pada tahun ini, malam keakraban kembali diadakan dengan tujuan untuk menyambut mahasiswa baru di Keluarga Mahasiswa Buddhis Dharmavira Universitas Padjadjaran. Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan, berbagi pengalaman, serta meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola organisasi kemahasiswaan Buddhis.  Tema yang diangkat pada acara malam keakraban 2024 ini menggunakan tema “Bajak Laut”, tujuannya bermaksud untuk mengajak seluruh anggota KMB Dharmavira untuk berpetualang selayaknya bajak laut yang mencari harta karun yaitu keluarga. Keluarga yang dimaksud merupakan KMB Dharmavira yang merupakan wadah bagi seluruh anggotanya untuk berkembang dengan baik layaknya keluarga.

Studi Banding

Studi Banding KMBD dilakukan dengan Unit Aktivitas Kerohanian Buddhis (UAKB), Keluarga Mahasiswa Buddhis Ashokavardhana (KMBA) President University, dan KMB UI. Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan, berbagi pengalaman, serta meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola organisasi kemahasiswaan Buddhis.

Metta Day

Metta Day merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk turut berpartisipasi aktif dalam menebarkan cinta kasih. Pada tahun ini, perayaan Metta Day dilakukan di Vihara Dharmasagara, Bandung dengan kegiatan donor darah, fangshen, dan kebaktian. 

Waisak

Perayaan Tri Suci Waisak 2568 BE/2024 merupakan kegiatan rutin tahunan yang dirayakan oleh KMB Dharmavira. Perayaan Tri Suci Waisak 2568 BE/2024 dilaksanakan dengan tema “True Happiness in the Three Jewels” yang merujuk kepada Triratna dalam agama Buddha, yaitu Buddha, Dharma, dan Sangha. Dalam perayaan waisak kali ini, kami mengharapkan para umat untuk dapat memperkuat saddha (keyakinan) terhadap Buddha sebagai guru agung kita dan para dewa, untuk berlindung kepada Dharma, ajaran sang Buddha, dan berlindung kepada Sangha, ladang menanam jasa kebajikan. Oleh karena itu, kami melaksanakan Perayaan Tri Suci Waisak 2568 BE/2024 KMB Dharmavira yang terbuka untuk umum agar setiap umat dapat mempraktikkan nilai-nilai Dharma dengan baik.