Hari Kathina Dana 2562 BE

Kathina merupakan salah satu hari raya agama Buddha, di mana hari raya ini merupakan hari berdana kepada anggota Sangha. Hari Kathina diperingati antara bulan Oktober hingga November. Sebelum Hari Kathina, para anggota Sangha menjalani massa Vassa  yang merupakan waktu berdiam diri selama 3 bulan untuk lebih memperdalam Dhamma serta bermeditasi.

Pada Zaman Sang Buddha, ketika memasuki musim penghujan, para anggota Sangha diperkenankan oleh Buddha untuk berdiam diri di suatu tempat dan berlatih Dhamma. Seperti yang disabdakan oleh Buddha pada Dhammapada syair 364 “Seorang Bhikkhu yang selalu berdiam dalam Dhamma dan gembira dalam Dhamma, yang selalu merenungkan dan mengingat-ingat akan Dhamma, maka Bhikkhu itu tidak akan tergelincir dari jalan benar yang mulia”.

Hari Kathina biasanya diperingati dengan upacara pemberian dana kepada anggota Sangha. Dana ini berupa kebutuhan-kebutuhan pokok anggota sangha, terdiri dari jubah, makanan, obat-obatan, dan tempat tinggal.

Berdana kepada anggota Sangha memiliki pahala yang luar biasa. Dan pada Hari Kathina inilah merupakan waktu yang tepat untuk berdana kepada anggota Sangha.

Menyambut Hari Kathina di Vipassana Graha (VG)

[Minggu, 4 November 2018]

Segenap keluarga KMB Dharmavira menjadi usher dalam perayaan Kathina yang berlokasi di Vipassana Graha (VG), Lembang, Bandung. Di sana para usher menjadi penyambut tamu, membantu mengambil barang Bhante saat pindapata dan lain sebagainya. Untuk menjadi seorang usher tidaklah mudah karena dibutuhkan kesabaran dan emosi yang stabil ketika berhadapan dengan berbagai macam kepribadian orang. Oleh karena itu, dengan menjadi usher di perayaan Kathina ini, mereka telah berhasil menanamkan kesabaran dalam dirinya yang merupakan salah satu contoh dari karma baik.