Kunjungan Vihara

Kali ini kegiatan KMBD adalah kunjungan vihara. Acara ini bertujuan untuk meperkenalkan vihara-vihara yang ada di Bandung. Vihara yang dikunjungi adalah Vihara Vimala Dharma dan Vihara Vipassana Graha.

Vihara yang pertama kali dikunjungi adalah Vihara Vimala Dharma yang berlokasi di Jalan Ir. H. Djuanda Nomor 5 Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Vihara Vimala Dharma adalah vihara kedua yang didirikan di Indonesia setelah runtuhnya kerajaan Majapahit. Kegiatan ini berlangsung pada hari Minggu, 8 September 2019.

Kegiatan pertama yang dilakukan adalah perkenalan dari pemuda VVD.

Setelah itu, diajak berkeliling mengitari VVD. Kita bisa melihat ruangan-ruangan yang ada, seperti ruang Kwan Im, ruang meditasi, dll.

Lalu, pergi ke perpustakaannya untuk melihat ada apa saja di dalam perpustakaan tersebut. Seperti pada perpustakaan umumnya, disini banyak terdapat buku-buku terutama yang berkaitan dengan Buddhis dan ada komik juga.

Sehabis diajak berkeliling, acara yang tidak boleh dilewatkan adalah foto-foto.

 

Kunjungan vihara yang kedua dilaksanakan pada hari Minggu, 29 September 2019. Vihara Vipassana Graha adalah sebuah vihara Buddha Theravada yang terletak di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Berangkat dari Jatinangor jam 7 dan sampai di VG sekitar jam 10. Kegiatan ini selesai sekitar jam 3 sore.

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan disini ada pindapatta. Pindapatta berasal dari bahasa Pali yaitu, pinda dan patta. Pinda berarti gumpalan atau bongkahan makanan. Patta berarti mangkuk makan. Pindapatta dapat diartikan pengumpulan makanan dengan menggunakan mangkuk. Pindapatta adalah cara untuk melatih para biksu dan biksuni supaya tetap rendah hati dan juga memberikan kesempatan kepada umat Buddha untuk melakukan kebaikan.

Adapula kegiatan makan siang bersama disana.

Kita juga diajak berkeliling dan dijelaskan oleh Bhante Sudhasilo mengenai nama atau sejarah rupang atau patung yang ada di VG, fungsi bangunan dan hal-hal lain yang ada disini.

Terakhir adalah sesi foto bersama.