warning icon
YOUR BROWSER IS OUT OF DATE!

This website uses the latest web technologies so it requires an up-to-date, fast browser!
Please try Firefox or Chrome!

Sejarah Keluarga Mahasiswa Buddhis Dharmavira

Keluarga Mahasiswa Buddhis Dharmavira (KMBD) berdiri sejak tahun 1986 yang diprakarsai oleh beberapa mahasiswa Universitas Padjadjaran yang merasakan perlunya suatu wadah menampung mahasiswa-mahasiswa beragama Buddha.

Logo KMBD

Salah satu pemrakarsanya yaitu Oei Ik Han (PAAP ‘86). Selain itu ditetapkan juga lambang KMBD berupa Stupa (melambangkan Buddhisme Indonesia) yang dikelilingi enam helai daun Bodhi yang melambangkan Sad Paramitha (Dana, Sila, Kshanti, Virya, Dyana, dan Prajna). Kepengurusan selanjutnya, lebih tepatnya tahun 1988 dipimpin oleh Jo Kheng Tek (FK ‘87). Pada tahun ini, dibentuklah AD/ART yang diprakarsai oleh Kang Yoe Liang (FH ‘88).

Pada awal terbentuknya, KMBD masih bernama “Keluarga Mahasiswa Buddhis” (KMB) namun pada tanggal 3 Juni 1988 ditambahkan kata “Dharmavira” di belakang kata KMB yang berarti “Pejuang Dhamma”. Tanggal 3 Juni ini selanjutnya ditetapkan sebagai tanggal lahir KMBD. Seiring berjalannya waktu, KMBD juga menampung mahasiswa Buddhis dari beberapa Universitas lain di Bandung seperti ITENAS, UPI, ITHB, UNIKOM, STT Telkom, dll.

loading
×