warning icon
YOUR BROWSER IS OUT OF DATE!

This website uses the latest web technologies so it requires an up-to-date, fast browser!
Please try Firefox or Chrome!

132537_1

Pekan Penghayatan Dharma (PPD) XXX (ke-30) dilaksanakan selama lima hari, yaitu pada tanggal 6-10 Januari 2017, yang bertempat di Vihara Sudhi Bhavana di Kota Cimahi. Selama PPD, kegiatan rutin yang dilakukan setiap hari adalah meditasi makan, meditasi jalan, meditasi kerja, relaksasi total, dan menyentuh bumi yang dilakukan sebelum tidur untuk berterima kasih kepada Bumi. Setiap pagi, para peserta dibangunkan dengan suara lonceng yang dibunyikan sebanyak tiga kali oleh panitia.

Pada hari pertama, tidak banyak yang dapat dilakukan karena seluruh peserta tiba di tempat pelaksanaan PPD pada sore hari. Para peserta kemudian diberikan pengarahan mengenai peraturan-peraturan dan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan selama PPD oleh Bhante Nyanabhadra sebagai pembimbing sekaligus pemateri. Selain itu, Bhante juga menceritakan sedikit tentang pengalamannya sendiri dalam Agama Buddha dan menjelaskan mengenai meditasi yang akan dilaksanakan para peserta setiap hari selama PPD.

IMG_1682

Pada hari kedua, para peserta dijelaskan dahulu mengenai delapan sila (Atthasila) yang akan dipraktikkan setiap harinya. Kemudian, ada orientasi antara Bhante dan para peserta untuk lebih mengenal satu sama lain. Setelah itu, para peserta melakukan workshop pertama berjudul ‘River of Life’. Pada workshop ini, para peserta menggambarkan suatu sungai disertai dengan alur kehidupan masing-masing sampai kini yang akan digantung di dinding pagoda. Sore harinya, ada kegiatan Dharma Sharing. Pada sesi ini, Bhante menanyakan beberapa pertanyaan kepada peserta antara lain ‘alasan mereka beragama Buddha’ dan ‘hal-hal yang menurut mereka spesial atau berkesan di agama Buddha’. Kemudian, Bhante memimpin seluruh peserta untuk melakukan senam bersama. Akhirnya, sebelum para peserta beristirahat, Bhante memberikan ceramah mengenai 10 kebaikan orangtua.

Kegiatan-kegiatan pada hari ketiga dan keempat tidak beda jauh dengan hari kedua. Kegiatan-kegiatan rutin yang meliputi meditasi jalan, meditasi makan, meditasi kerja, relaksasi total, dan Dharma Sharing masih dilakukan.

Pada hari ketiga, kegiatan pertama yang dilakukan adalah meditasi duduk. Kemudian, beberapa kegiatan rutin dilaksanakan yang dilanjutkan dengan ceramah dari Bhante dengan tema ‘mindfulness’ atau ‘kesadaran penuh’. Pada sesi ceramah ini, para peserta juga diajarkan beberapa lagu yang berhubungan dengan kesadaran seperti ‘Breathing In, Breathing Out’ dan ‘I Like Roses’. Setelah itu, para peserta melakukan workshop kedua berjudul ‘Happiness’. Workshop kali ini masih merupakan kegiatan menggambar, namun kali ini yang digambar adalah mengenai hal-hal yang membuat masing-masing peserta bahagia. Sekali lagi, hasil dari gambar mereka digantung di dinding pagoda. Pada Dharma Sharing hari ketiga ini, Bhante menanyakan kesan-kesan atau apapun yang sudah didapatkan atau dipelajari oleh setiap peserta selama tiga hari mengikuti PPD di Vihara Sudhi Bhavana. Sebelum mengakhiri hari tersebut, para peserta menonton suatu film berjudul ‘Kiki’s Delivery Service’.

IMG_1851

Pada hari keempat, meditasi duduk dilakukan di luar pagoda. Selain itu, ceramah pada hari keempat ini adalah mengenai budi baik orangtua. Seperti biasa, setelah ceramah, para peserta melakukan workshop. Pada workshop ketiga dan terakhir yang berjudul ‘Honesty’ ini, para peserta membuat surat untuk ibu dan/atau ayah sendiri untuk disimpan ataupun diberikan kepada ibu dan/atau ayah. Pada Dharma Sharing hari keempat ini, para peserta mengungkapkan perasaan mereka selama mengikuti PPD dan bercerita mengenai orangtua masing-masing. Pada hari keempat ini, para peserta diberikan kesempatan untuk bertanya-tanya kepada Bhante, khususnya tentang meditasi, pada suatu sesi tanya-jawab sebelum mereka beristirahat.

Pada hari terakhir, setelah melakukan kegiatan-kegiatan rutin, ada sesi Flower Watering yang memberikan setiap peserta waktu untuk mengungkapkan kesan mereka terhadap beberapa peserta lainnya tergantung dengan pasangan-pasangan acak yang terbentuk saat seluruh peserta membuat dua barisan. Setelah itu, ada sesi kesan dan pesan. Pada sesi ini, para peserta menyatakan kesan dan pesan terhadap PPD yang sudah mereka jalani kepada Bhante dan panitia. Kemudian, sebagai akhir dari rangkaian kegiatan PPD, Bhante Nyanabhadra beserta seluruh peserta dan panitia mengadakan makan siang bersama (picnic lunch). Akhirnya seluruh rangkaian kegiatan PPD berakhir dan seluruh peserta meninggalkan Vihara Sudhi Bhavana dengan berbagai ilmu baru mengenai agama Buddha, serta rasa kekeluargaan antarsesama.

 

By: Kevin Leonard (FMIPA ’16)

For more photos, visit Dokumentasi PPD Ke-30

TAGS: 2017, pekan penghayatan dhamma, ppd

loading
×