Berdana Selama Bulan Kathina by Edwin Pratama

Memberi dana adalah kepedulian bukan kerelaan dan bukan karena terpaksa oleh lingkungan.

Selama 1 bulan mulai dari  tanggal 26 Oktober  – 24 November 2018, umat Buddha merayakan Hari Kathina.Hari Kathina merupakan hari dimana umat Buddha mendapatkan satu kesempatan  dalam satu tahun untuk membaktikan diri kepada sangha dengan cara memberi dana.Masa Kathina ditandai dengan setelah masa Vassa (berdiam di satu tempat selama tiga bulan pada musim hujan) selesai, ada hari yang disebut: Pavarana (mengundang) tiga bulan setelah Vassa pada bulan purnama, para Bhikkhu mengakhiri Vassa dengan mengadakan Pavarana bersama-sama, yaitu: saling mengundang Bhikkhu yang satu dengan yang lainnya untuk memberikan nasehat atau memberi maaf, barangkali ada kesalahan.

Apa saja jenis dana yang dapat diberikan ke sangha? Mengenai hal itu ada empat macam kebutuhan pokok yang dapat kita berikan, yaitu: pakaian (jubah), makanan, tempat tinggal dan obat-obatan.

Kita sebagai umat Buddha jangan hanya asal berdana kepada bhikkhu Sangha. Dalam memberikan dana kepada bhikkhu Sangha harus dilandasi dengan pengertian benar agar memperoleh hail yang maksimal.Ada tiga tahap u=yang harus dilewati dalam berdana, yaitu sebelum memberikan dana, saat  memberikan dana, dan sesudah memberikan dana harus dilandasi dengan kehendak (Cetana) yang baik.Berdana  juga melatih penempatan manusia sebagai makhluk sosial yang berempati terhadap kebahagiaan makhluk lain, dalam hal ini dimaksudkan kepada Sangha agar Dhamma terus berputar dan demi kebahagiaan semesta.

Jadi kita sebagai umat buddha tentunya perlu sekali mengerti dengan benar, bagaimana cara berdana yang baik itu dengan demikian dana yang diberikan seseorang akan menjadi dana yang bermanfaat, kalau berdana dengan baik dan benar.